38 Mobil Akan Beradu di F1 2010?


jannertmPembatasan dana di F1 yang tetap dipertahankan oleh FIA, memang sangat menarik minat tim-tim baru musim ini. Tidak tanggung-tanggung, jika semuanya positif untuk bergabung akan ada 9 tim baru dan 10 tim lama. Dan jika satu tim paling tidak menurunkan dua unit mobil, berarti total mobil yang akan berlaga menjadi 38 mobil.

Tidak terbayangkan jika 2010 nanti peserta tim balap F1 benar-benar bengkak menjadi 38 mobil. Dua tahun silam saja (2007) dengan jumlah 24 starter, lintasan F1 sudah terlihat sangat sesak.

Keputusan tentang akan diberlakukannya pembatasan dana untuk musim depan, memang belum dikeluarkan secara resmi oleh FIA. Banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh mereka, termasuk kekompakan tim-tim lama dan para pembalapnya untuk menarik diri jika pembatasan dana itu tetap diberlakukan. Belum lagi masalah regulasi penggunaan satu mesin, tentu ini akan membuat tim-tim besar seperti Ferrari, Renault, McLaren, Toyota , BMW dan lain sebagainya tidak akan setuju.

Nah, berkaitan dengan tim-tim baru yang cukup banyak, besok akan diputuskan tim yang positif akan masuk dalam pertarungan musim 2010 mendatang. Yang jelas hingga saat ini, 9 tim baru sudah melakukan konfirmasi keikutsertaannya untuk musim 2010. Tim-tim baru yang sudah mendaftar tersebut adalah Prodrive, Lola Racing, Team Superfund, Team USGPE, Lotus Racing, Epsilon Euskadi Team, Brabham, March Racing dan Campos Meta1 Racing.

Model seperti inikah yang diinginkan oleh para petinggi FIA untuk membuat tim-tim baru lebih berani untuk masuk di F1? Belum tentu ini hal yang positif bagi dunia F1. Bisa jadi langkah tersebut adalah langkah yang keliru bagi ajang balap paling bergengsi di dunia itu. Dan akan lebih parah lagi jika tim-tim baru tersebut tidak bisa mengembangkan paket teknologi mereka sesuai dengan keinginan FIA selama ini, dan hanya tampil sebagai tim pemanis saja di F1. Lebih ironis lagi bukan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: