Jangan Angap Remeh Ban


Di antara belasan ribu item komponen yang terdapat pada mobil, ada beberapa yang vital. Artinya, komponen itu tidak bisa dipakai dan diganti sesukanya. Apalagi sekarang ini telah terjadi kenaikkan BBM, berarti bakal ada lonjakan harga untuk komponen. Karena mahal, akhirnya dipilih suku cadang yang kualitasnya rendah sesuai dana.

Komponen vital yang dimaksud adalah ban. Tugasnya sama berat dengan mesin. Bayangkan, ia meladeni kecepatan mobil yang bervariasi sambil memikul beban di atas 1.000 kg. Belum lagi menghadapi cuaca yang beragam dan melintas di jalan yang kondisi buruk. Penderitaan kian parah akibat joroknya perilaku pengemudi.

Bila tidak dijaga, bukan tidak mungkin si kulit bundar hitam itu akan melayangkan nyawa pengemudi beserta penumpangnya.Semisal, mengisi angin berlebihan, sehingga ketika panas tekanannya naik melebihi ukuran standarnya. Akibatnya, meledak.

Banyak lagi faktor penyebab ban meledak. Atau mobil tidak mendapat daya cengkeram yang baik. Inilah biang-biang pemicu ban cepat rusak atau kestabilan dan kenyamanan mobil kurang.

* Jangan memakai merek yang berbeda pada keempat roda. Sepasang sekalipun hindari karena, dari segi desain kembang beda. Jelas mempengarungi daya cengkeram.

* Upayakan jenis dan konstruksinya sama agar usia pemakaiannya imbang. Seperti konstruksi serat baja dipadukan dengan yang serat baja juga. Jangan denngan serat nilon.

* Upayakan memakai ban dengan ukuran yang sama.

* Ban berspesifikasi tubeless jangan dikasih ban dalam. Risikonya, saat melesat kecepatan tinggi temperatur akan cepat naik.

* Sebaliknya, bila spesifikasi mengharuskan pakai ban dalam, ukuran harus sesuai. Jangan melebihi ukuran ban luar bisa terlipat. Bahaya kalau terjepit di bibir pelek bisa pecah. Juga ukurannya jangan kurang mengnakibatkan cepat sobek.

*Periksa angin secara berkala. Bila kurang, penambahan dilakukan sewaktu kondisi betul-betul dingin agar mendapat ukuran yang sebenarnya.

*Bila habis menempuh perjalanan jauh dan kondisi jalan rusak parah, sepulangnya segera lakukan spooring dan balancing. Tujuannya agar kembang habis merata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: